I Made Y. P. Mudara - Pengaruh PDB, Upah Pekerja, Suku Bunga dan Nilai Total Ekspor thd Investasi Asing Langsung di Indonesia (1990-2009)

Tugas Akhir / Skripsi Ekonomi Pembangunan
Disusun oleh: I Made Y. P. Mudara
Program Sarjana Universitas Diponegoro
Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Intisari:

Dalam hal membangun perekonomian, pemerintah selain menggali sumber pembiayaan dari dalam negeri juga melakukan kebijakan dalam mendapatkan sumber-sumber dana dari luar negeri, seperti penanaman modal asing, pinjaman luar negeri dan hibah. Selain hutang luar negeri pemerintah dapat mengupayakan sumber dana dari luar negeri misalnya dengan investasi asing langsung. Investasi asing langsung merupakan salah satu alternatif pembiayaan berasal dari luar negeri yang dapat digunakan sebagai tambahan pembiayaan dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Untuk mendorong masuknya investasi asing langsung yang lebih besar ke Indonesia, diperlukan penelitian akan faktor-faktor yang mempengaruhui besarnya arus investasi asing langsung di Indonesia.

Investor asing akan mempertimbangkan berbagai hal sebelum menginvestasikan modalnya di Indonesia. Penelitian ini akan melihat faktor-faktor makro ekonomi sebagai faktor penarik investasi asing langsung yang dimiliki oleh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PDB, suku bunga, upah pekerja, dan nilai total ekspor terhadap investasi asing langsung di Indonesia pada periode 1990 - 2009. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan model regresi linier berganda dengan metode kuadrat terkecil biasa (ordinary least squares/ OLS).

Pemilihan faktor-faktor makro ekonomi yang digunakan sebagai variabel independen dalam penelitian ini disebabkan karena adanya perbedaan pada beberapa hasil penelitian terdahulu. Penelitian Basuki Soelistyo (1997) dan Agustina Endah (2010) memperoleh hasil bahwa tingkat suku bunga riil memiliki pengaruh yang tidak signifikan akan investasi asing langsung di Indonesia. Temuan ini berbeda dengan teori investasi yang menyatakan bahwa besarnya investasi dipengaruhi oleh tingkat suku bunga. Penelitian  Tri Rahayu (2010) memperoleh hasil bahwa produk domestik bruto (PDB) mempunyai pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap investasi asing langsung, hal ini bertentangan dengan teori dan beberapa penelitian lainnya yang memperoleh hasil bahwa PDB memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap investasi asing langsung. Penelitian Sarwedi (2002) memperoleh hasil bahwa dalam jangka pendek upah pekerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Hal jelas ini berbeda dengan teori yang ada. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB), upah pekerja, dan nilai total ekspor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap investasi asing langsung di Indonesia dengan α = 5%. Produk domestik bruto dan nilai total ekspor memiliki hubungan positif terhadap investasi asing langsung di Indonesia, sedangkan upah pekerja memiliki hubungan negatif. Tingkat suku bunga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap investasi asing langsung di Indonesia dan memiliki hubungan negatif.

No comments:

Post a Comment

Skripsi Ekonomi Pembangunan - Headline Animator